Peresmian Plant V PT. Arwana Citramulia Tbk

Industri keramik pemilik sertifikat industri hijau di Indonesia, PT. Arwana Citramulia Tbk, resmi membuka pabrik kelimanya yakni Plant V di Kabupaten Mojokerto, tepatnya di Desa Kaligoro, Kecamatan Kutorejo. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, dan Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Suhardi, Senin (9/1) siang kemarin.
Tandean Rustandy selaku CEO PT. Arwana Citramulia Tbk memaparkan, dalam sambutannya, bahwa pabrik berkapasitas 8 juta meter persegi per tahun dengan investasi Rp 300 miliar ini dikhususkan dalam produksi wall tiles atau keramik dinding dan melayani penjualan Indonesia bagian timur. Rusatandy juga memaparkan harapan serta visi misi perusahaan yang dikenal sangat concern dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) secara konsisten dan berkesinambungan. Diantaranya, renovasi rumah ibadah, sekolah, bedah rumah tidak layak huni, dapur bersih untuk petani pengrajin gula merah/pangan, bangun jembatan antardesa, pengobatan dan khitan masal, beasiswa, donor darah dan masih banyak lagi.
’’Plant V ini kita dirikan di atas lahan 7 Ha, dan menerapkan konsep industri hijau dalam proses produksi serta efisiensi energi. Enam tahun berturut-turut kami berhasil dan mampu mempertahankan komitmen sebagai industri hijau (Plant I, II dan III), yakni prestasi penghargaan Industri Hijau yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian. Pun begitu dengan tanggung jawab sosial perusahaan, yang kami terapkan dalam berbagai program CSR. Ini selaras dengan visi kami yakni memberi kontribusi berarti bagi pembangunan negara serta masyarakat,’’ papar Tandean Rustandy
Track record PT. Arwana Citramulia Tbk sebagai pemain unggul di perusahaan produsen keramik berteknologi canggih di Indonesia, memang dikenal sarat prestasi. Namanya bahkan masuk dalam daftar 50 besar perusahaan terbaik Indonesia versi majalah bergengsi Forbes dan 100 besar perusahaan terbaik kawasan Asia Pasifik. PT. Arwana Citramulia Tbk juga menggunakan bahan baku setempat dan menyerap hampir 90 persen tenaga kerja lokal.
Plant Arwana lainnya yang sudah berdiri sebelumnya adalah Plant I berlokasi di Tangerang, Banten; Plant II di Cikande, Serang-Banten; Plant III di Gresik, Jawa Timur; Plant IV di Ogan Ilir, Sumatera Selatan dan Plant V di Kabupaten Mojokerto.
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT. Arwana yang telah berkontribusi terhadap industri keramik nasional. ’’Saya menyampaikan apresiasi kepada PT Arwana yang telah menyumbang kontribusi terhadap industri keramik  nasional, dan mengembangkan usaha di Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumsel, dan kini ekspansi lagi di wilayah Kabupaten Mojokerto. Sehingga total kapasitas produksi per tahun jadi 57,37 meter persegi per tahun. Industri keramik Indonesia adalah salah satu penggerak industri nasional unggulan selama 25 tahun. Industri ini dalam jangka panjang juga cukup prospek, konsumsi keramik nasional per kapita sekitar 2 meter persegi. Itu akan kita tingkatkan terus ke depannya nanti,’’ tandasnya.
Wakil Bupati Pungkasiadi atas nama Pemerintah Kabupaten Mojokerto, juga menyampaikan komitmen pemda, lewat kebijakan mengembangkan kawasan industri modern di beberapa wilayah di Kabupaten Mojokerto.
’’Kabupaten Mojokerto siap membuka peluang bagi para investor untuk mengembangkan bisnis disini. Kami memiliki 500 Ha lahan di Kecamatan Mojoanyar, 600 Ha di Ngoro serta 10.000 Ha di kawasan utara sungai. Infrastrukur jalan dan jembatan juga sudah diperlebar dengan struktur besar betonisasi. Pemerintah Kabupaten Mojokerto komitmen untuk terus berbenah dalam pembangunan, tentunya dengan terus bersinergi dan maju untuk berkembang. Kami ucapkan selamat atas dibukanya Plant V PT. Arwana Citramulia Tbk, semoga makin sukses ke depannya,’’ harap wakil bupati.
Kegiatan peresmian ditandai dengan penandatanganan MoU dan prasasti, dilanjutkan dengan tinjau fasilitas pabrik dan penanaman pohon yang dilakukan oleh Menteri Perindustrian RI, Wakil Gubernur Jawa Timur, Wakil Bupati Mojokerto, unsur Forkopimda Kabupaten Mojokerto beserta jajaran direksi PT. Arwana Citramulia Tbk.
CATEGORIES

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.